Manfaat Dan Dampak Buruk Es Krim Untuk Ibu Hamil

Manfaat Es Krim Untuk Ibu Hamil

Manfaat Es Krim Untuk Ibu Hamil – Saat hamil, wanita disarankan untuk mengkonsumsi ice cream cukup 2 sampai 3 cangkir saja perminggu.

Karena jika dikonsumsi secara berlebihan di khawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan terutama bagi janin di kandungannya.

 

Berikut manfaat ibu hamil jika mengkonsumsi es krim :

1. Meningkatkan peluang kehamilan

Wanita yang ingin hamil dan sedang melakukan program cara cepat hamil, sebaiknya menghindari konsumsi produk susu dengan kandungan lemak yang rendah.

Hal itu berkaitan dengan non ovulasi, karena dengan mengkonsumsi es krim atau produk susu yang mengandung lemak secara rutin setiap hari dapat membantu meningkatkan kemungkinan terjadinya konsepsi di dalam rahim.

2. Menambah berat Badan

Bagi wanita hamil yang mengalami kekurangan berat badan, apalagi saat mendekati proses persalinan, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula serta kalori.

Manfaat ice cream untuk ibu hamil menawarkan kebutuhan gizi ibu hamil tersebut. Dalam 100 gram es krim mengandung kalori (207 kkal) serta 16 gr gula.

3. Pembentukan tulang pada janin

Es krim mengandung kalsium. Kalsium berguna untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap sehat. Hal ini juga berlaku bagi perkembangan janin di dalam kandungan, dimana peran kalsium adalah sebagai pembentuk tulang pada janin.

Selain itu, kalsium juga akan menjaga tulang si ibu agar tetap kuat, karena selama masa kehamilan terjadi perubahan hormon secara signifikan, sehingga ia membutuhkan tambahan kalsium yang lebih banyak daripada sebelum hamil.

4. Mengatasi mual

Mual dan muntah merupakan hal yang wajar pada awal-awal kehamilan. Hal ini sering disebut dengan gejala morning sickness.

Rasa lezat dan manis yang terdapat dalam manfaat ice cream untuk ibu hamil dapat memberikan bantuan saat ibu-ibu hamil mengalami gangguan tersebut selama kehamilan, terutama di trimester awal kehamilan.

5. Mengurangi stress

Mengkonsumsi ice cream dapat merangsang terbentuknya hormon thrombotonin yang bermanfaat untuk menambah suasana hati, ketenangan, serta menghilangkan stress, terutama pada masa awal mengandung.

Dampak Buruk Es Krim Untuk Ibu Hamil

Perlu diwaspadai juga jika mengkonsumsi es krim yang berlebihan dapat memicu dampak buruk, seperti:

  1. Penyebab Keguguran.
  2. Bayi Lahir Prematur.
  3. Terjadinya Infeksi Pada Bayi.
  4. Resiko Bayi Meninggal.

Yang disebabkan oleh bakteri listeria, yaitu adalah infeksi berbahaya dalam tubuh yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogene.

Bakteri ini ialah bakteri patogen yang tumbuh pada suhu dingin. Bakteri ini bertahan hidup pada saluran pencernaan dan apabila menembus dinding usus serta mengikuti aliran darah hingga menembus plasenta, jadi berbayaha untuk janin ibu hamil.

Untuk itu dibutuhkan sebuah alat pengemas kedap udara ( Vaccum Sealer ) untuk mengemas Es Krim agar terhindar dari kontaminasi bakteri.

Gula Semut Organik juga bisa dijadikan alternatif pengganti pemanis dalam bahan yang digunakan untuk membuat Es Krim yang lebih sehat.

Gula Semut Organik sendiri dibuat dari nira kelapa / aren yang diproses dengan Mesin Pembuat Gula Semut yang higienis dan terstandar tentunya.

Jadi ibu hamil diperbolehkan makan es krim, makan es krim secukupnya saja yaa teruntuk ibu hamil, minimal 2 kali perminggu untuk menghindari dampak buruk yang tertulis diatas tadi.

 

Terimakasih karena sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selalu menjaga porsi makan es krim anda.

Artikel Terkait Manfaat Dan Dampak Buruk Es Krim Untuk Ibu Hamil