Cara Memilih Hardisk Internal Untuk PC

Hardisk internal merupakan spare part yang cukup penting dalam perangkat komputer. Perangkat dalam bentuk PC maupun Laptop akan memiliki kinerja yang baik bila hardisk yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kita bisa memilih kualitas hardisk yang sesuai dengan penggunaan harian.

Selain kualitas hardisk internal, kapasitas hardisk juga mempengaruhi kinerja perangkat komputer yang kita miliki. Ketersediaan space memori yang cukup akan membuat program yang dijalankan bisa bekerja dengan lebih baik. Untuk itu, kita juga harus memperhatikan kapasitas hardisk internal yang kita beli.

Daftar Harga Harddisk Internal

Untuk memilih kapasitas dan kualitas hardisk internal bisa kita lakukan pada saat membeli perangkat komputer. Saat itu, kita akan diberitahu spesifikasi lengkap perangkat yang akan kita beli. Kita bisa memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila kita bekerja dengan banyak program maka kita akan membutuhkan kapasitas hardisk yang cukup tinggi. Untuk itu, kita bisa menanyakan kepada penjual kapasitas maksimal yang tersedia. Biasanya kapasitas hardisk juga akan menentukan harga perangkat komputer yang akan kita beli.

Kapasitas hardisk juga bisa kita tentukan setelah penggunaan perangkat komputer. Apabila kita merasa kapasitas yang kita gunakan masih kurang, kita bisa melakukan upgrading. Kita bisa membeli hardisk baru dengan kapasitas yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan.

Ukuran Hardisk Internal Sesuai dengan Spesifikasi

Ketika membicarakan ukuran hardisk internal, kita akan mengetahui dua hal. Yang pertama adalah ukuran kapasitas hardisk internal atau kapasitas penyimpanan data. Sedangkan yang kedua adalah ukuran fisik hardisk internal yang digunakan saat ini baik untuk perangkat PC maupun Laptop.

Ukuran Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Saat ini, kapasitas hardisk yang ada dipasaran rata-rata dimulai dari 500 GB. Kapasitas ini merupakan internal storage standar yang digunakan oleh banyak merek perangkat komputer. Kita juga mungkin masih menemukan perangkat yang berkapasitas dibawah 500 GB untuk produk lama yang beredar.

Untuk kapasitas hardisk standar, biasanya dipakai untuk perangkat harian untuk penggunaan rutin. Penggunaan rutin yang dilakukan biasanya seputar pekerjaan menulis, ataupun memutar beberapa jenis file mulitmedia yang tidak membutuhkan kemampuan yang besar.

Sedangkan untuk pekerjaan atau kebutuhan yang lebih tinggi, maka akan membutuhkan kapasitas yang lebih banyak. Misalkan kita bekerja dibidang multimedia dan grafis, maka kita akan membutuhkan kapasitas hardisk yang lebih besar dalam melakukan pekerjaan.

Kebutuhan kapasitas hardisk yang besar juga kita perlukan bila perangkat komputer dipakai sebagai perangkat gaming. Kualitas game saat ini membutuhkan kapasitas yang besar seiring dengan kualitas game yang semakin meningkat. Untuk itu, kita harus menentukan penggunaan perangkat dari dini.

Ukuran Fisik Hardisk Internal

Hal lain yang perlu kita perhatikan adalah ukuran fisik hardisk yang kita miliki. Perangkat komputer PC dan Laptop akan memiliki ukuran hardisk yang berbeda. Untuk itu, kita bisa membeli sesuai dengan perangkat komputer yang kita miliki.

Untuk saat ini, perangkat PC atau dikenal juga sebagai komputer desktop memiliki ukuran hardisk yang cukup besar. Ukuran hardisk internal yang digunakan adalah 3,5 inch yang merupakan ukuran standar. Kita bisa membeli beberapa merek sesuai dengan kebutuhan dan selera dengan ukuran yang sama.

Hardisk internal laptop akan memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu 2,5 inch. Namun demikian, kapasitas penyimpanan yang dimiliki tidak terpaut dengan hardisk internal desktop. Teknologi saat ini sudah cukup berkembang untuk membuat ruang penyimpanan yang lebih baik.

Pemilihan ukuran hardisk yang tepat akan berpengaruh terhadap penggunaan hardisk itu sendiri. Bila kita salah membeli hardisk internal, maka hardisk tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Hal itu karena, ukuran hardisk akan yang berbeda akan memiliki slot atau interface yang berbeda pula.

Ukuran hardisk internal laptop lebih kecil karena sifat laptop yang portabel dan memiliki dudukan hardisk yang kecil. Dengan demikian, maka hardisk dengan ukuran 2,5 inch merupakan ukuran yang ideal. Untuk itu, pastikan ukuran yang kita beli sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan Hardisk Internal

Dalam penggunaan hardisk internal, kita biasanya akan melakukan partisi ketika diaplikasikan. Partisi akan membagi hardisk minimal menjadi 2 ruang. Ruang yang pertama digunakan untuk program yang biasanya dikenal dengan nama drive C yang akan kita instal dengan sistem operasi.

Jumlah drive atau ruang di dalam hardisk bisa kita tentukan sesuai dengan kebutuhan. Untuk kapasitas hardisk 500GB keatas, biasanya akan dibagi menjadi 3 drive. Sedangkan untuk kapasitas 500 GB kebawah akan dibagi menjadi 2 drive saja.

Pembagian ruangan hanya berdasarkan pada faktor kebiasaan saja. Tak jarang kita akan menemukan 3 drive pada hardisk berkapasitas 80 GB. Hal itu karena pembagian jumlah drive tergantung pada selera dan kebutuhan dari pemilik perangkat komputer itu sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kapasitas pada drive C yang harus sesuai dengan kebutuhan. Bila kita menggunakan program yang banyak atau berat, disarankan kapasitas drive C diperbanyak. Keadaan itu akan membuat aktivitas yang kita lakukan lebih lancar karena semua program akan bisa kita instal.

Melakukan pembagian drive juga akan membuat data yang kita miliki lebih aman. Menyimpan data di drive C memiliki kerentanan karena drive ini selalu digunakan. Untuk itu, kita bisa menyimpan data di drive lain hingga bisa lebih terjaga dari kerusakan dan kemungkinan data terhapus.

Spesifikasi Hardisk

Untuk membeli hardisk, kita bisa memilih spesifikasi hardisk yang akan kita gunakan. Dengan memilih spesifikasi yang tepat, maka kita akan bisa mendapatkan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Spesifikasi yang ada juga akan menentukan kompatibilitas yang dimiliki oleh hardisk internal tersebut.

Kita bisa memilih berbagai merek yang tersedia dan dijual dipasaran Indonesia. Untuk lebih mudah, kita bisa memilih produk yang memiliki rating penjualan yang tinggi. Dengan rating yang tinggi, kualitas hardisk internal biasanya akan terjaga dengan baik.

Merek yang bisa kita pilih antara lain adalah Seagate yang telah lama populer. Produk ini tersedia dalam dua ukuran 3,5 inch dan 2,5 inch sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu, kita bisa memilih dengan lebih leluasa untuk kebutuhan PC maupun perangkat laptop yang kita gunakan.

Spesifikasi yang ditampilkan, selain merek juga kemampuan hardisk itu sendiri. Misalkan kita akan menemukan hardisk Seagate dengan kapasitas 2 TB, slot Sata III, dengan kecepatan 7200 rpm. Untuk kondisi demikian, sebaiknya sesuaikan spesifikasi yang ada dengan spesifikasi hardisk terdahulu.

Upgarding bisa kita lakukan misalkan dengan meningkatkan kecepatan 5000 rpm menjadi 7200 rpm. Namun demikian, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan penjual hingga menemukan konfigurasi yang tepat. Dengan demikian upgrading bisa kita lakukan dan berhasil dengan lebih baik.

Agar lebih aman, kita bisa minta garansi atau melakukan perjanjian dengan penjual. Bila hardisk yang kita beli kurang optimal, produk bisa kita kembalikan atau bisa kita tukar dengan produk lain. Dengan demikian, kita akan lebih aman dan nyaman dalam menggunakan produk tersebut.